Sabtu, 27 Februari 2016

KHASIAT BUAH PERIA UNTUK KESIHATAN

Peria atau peria adalah tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah Asia Tropis, terutama daerah India bagian barat, yaitu Assam dan Burma.

Anggota suku labu-labuan atau Cucurbitaceae ini biasa dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai sayuran maupun bahan pengobatan.

Nama Momordica yang melekat pada nama binomialnya berarti "gigitan" yang menunjukkan pemerian tepi daunnya yang bergerigi menyerupai bekas gigitan. 

Peria adalah sejenis tumbuhan merambat dengan buah yang panjang dan runcing pada ujungnya serta permukaan bergerigi.

Peria tumbuh baik di dataran rendah dan dapat ditemukan tumbuh liar di tanah terlantar, tegalan, dibudidayakan, atau ditanam di pekarangan dengan dirambatkan di pagar.

Tanaman ini tumbuh merambat atau memanjat dengan sulur berbentuk spiral, banyak bercabang, berbau tidak enak serta batangnya berusuk isma. (Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Peria)


Dari rasanya yang pahit itu ternyata buah Peria mengandung banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Buah Peria mampu untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit kronik. Pahit tetapi menyehatkan. Berikut adalah kandungan beberapa zat yang bermanfaat di dalam  buah Peria yang bermanfaat untuk tubuh kita:

Buahnya yang mengandung Albiminoid, karbohidrat dan zat warna Daunnya mengandung zat pahit, minyak lemak, asam dammar, protein, besi, kalsium, fosfor, vitamin A, B1 dan C yang terkandung dalam buah peria, bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit. 

Iaitu menjaga kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sengatan utra violet. Ini berarti buah peria dapat mencegah munculnya noda hitam dan kerutan pada wajah. Sementara akarnya mengandung asam momordial dan asam aleonolat. Sedangkan bijinya mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial.
 
Salah satu  manfaat buah peria untuk kesihatan adalah dapat menjadi penangkal sel kanser. Hal ini telah dibuktikan dalam suatu penelitian di Jepun. Dalam penelitian tersebut, digunakan beberapa tikus yang diinjeksi sel kanser kemudian diinjeksi dengan ekstrak buah peria. Setelah mereka mengamati perkembangan sel kanser dalam tubuh tikus tersebut, hasilnya menampakkan bahwa sel kanser yang di injeksi berhenti berkembang.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan manfaat buah peria sebagai penangkal sel kanser. Manfaat ini dapat diperoleh karena peria mengandung zat lesichin yang dapat meningkatkan kekebalan untuk menangkal perkembangan sel kanser. Tidak hanya itu, buah peria juga memiliki kandungan beberapa zat yang dapat mencegah sel kanser. 

Sehingga bagi Anda yang bukan penderita kanser dapat mengonsumsi buah peria untuk mencegah serangan kanser.
Selain sebagai makanan, peria juga dimanfaatkan untuk pengobatan. Kadar kalsium didalam  buah peria  tergolong tinggi, sehingga mampu menaikkan produksi sel-sel beta dalam pancreas untuk menghasilkan insulin.

Bila insulin dalam tubuh mencukupi, mungkin kadar glukosa  membanjir dapar dicegah, sehingga kadar glukosa dalam darah akan menjadi normal atau menjadi terkontrol Senyawa fitokimia lutein dan likopen didalam buah peria berkasiat sebagai anti kanser, antibiotika, antivirus, perangsang produksi insulin, penyeimbang tekanan darah dan kadar gula darah, perangsang nafsu makan dan pembasmi cacing usus. 

Prof Lee-Huang dari Universitas New York juga menemukan zat yang luar biasa pada  buah peria, yakni senyawa anti HIV-AIDS yaitu alpha-momorchorin, beta-momorchorin dan MAP 30 (Momordica antiviral protein 30).

Zat berkhasiat ini banyak terdapat pada biji peria tua. Di amerika sendiri, kapsul berisi bubuk biji peria sudah lazim dipasarkan.Obat tersebut diakui dapat menahan laju perkembangan  virus HIV-AIDS.

Berkat terapi buah peria, para pengidap HIV-AIDS di Thailand dan Amerika Serikat secara klinis tampak lebih sehat dan berat badannya meningkat. Tak berlebihan kiranya, jika para ahli di dunia medis optimis dalam 10 tahun kedepan, bakal ditemukan obat untuk memerangi HIV-AIDS.

Buah peria juga kaya serat, vitamin C, karoten, dan kalium. Seratnya baik untuk menjaga kesihatan pencernaan, dan karotennya dapat meningkatkan aktivitas dan kesihatan mata, seperti karoten pada wortel. Kalium punya kemampuan mengatasi konsumsi natrium yang berlebihan sehingga membuat pembuluh darah lebih lentur, sehingga baik untuk kesihatan jantung.

Sedangkan vitamin C pada  buah peria punya khasiat memelihara kecantikan dan mengatasi ancaman dari sinar ultra violet. Nah ternyata ternyata buah peria bermanfaat untuk kecantikan juga kan, ini dikarenakan setiap 100 gram peria mengandung 120 ml vitamin C. ternyata buah peria banyak sekali khasiatnya bukan, dan bagaimana soal rasa pahitnya, Anda bisa merendamnya denga air berkali-kali, atau mencucinya dengan air garam, niscaya rasa pahit tersebut akan hilang.

Bagian peria yang memiliki khasiat antara lain: Peria yang masih muda digunakan sebagai obat diabetes, gangguan pencernaaan, obat malaria, penyakit kuning dan bronkhitis. Daun peria juga tidak kalah penting dengan buahnya.

Beberapa manfaat daun peria, diantaranya dapat menyembuhkan batuk, menurunkan panas, mematikan cacing kremi, mengobati bisul, dan bermanfaat juga untuk membersihkan darah bagi wanita yang baru melahirkan.

Selain buah dan daunnya, bagian peria yang juga bermanfaat untuk mengobati penyakit, adalah akarnya. Akar peria berkasiat untuk mengobati disentri amuba dan buasir. Biji peria sendiri, merupakan atioksidan yang cukup kuat yang dapat menghambat pembentukan sel kanser dan mencegah penuaan dini.

Cara pengobatan menggunakan buah peria antara lain:

Diabetes atau kencing manis

Siapkan 200 gram buah peria yang telah dicuci dan diiris tipis-tipis. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan tersebut tiap hari. Cacingan Seduh 7 gram daun peria dengan air panas, dinginkan lalu saring air rebusannya. Tambahkan satu sendok the madu, minum sebelum sarapan.

Demam

Ambil 3 lembar daun peria segar,cuci bersih,dan lumatkan.tambahkan segelas air dan sedikit garam lalu seduh.Peras dan saring lalu minum 2 kali sehari sebanyak setengah gelas.

Bisul

Ambil segenggam daun peria,cuci lalu rebus bersama 3 gelas air hingga tersisa satu gelas.Dinginkan,minum hingga sembuh.

Disentri Amuba

Rebus 300 gram akar peria yang telah dicuci bersih dan dipotong-potong .Rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas.lalu minum.Tambahkan sedikit gula bila perlu.

Buasir

Lumatkan akar peria yang telah dicuci bersih sampai halus. oleskan ramuan ini pada buasir.

Bronkhitis


Sediakan dua buah peria, lalu ambil sarinya. Tambahkan satu sendok makan madu. Minum sekali sehari. lakukan selama tiga bulan. Ramuan ini juga baik untuk menyembuhkan anemia, radang perut, sakit pada hati, nyeri haid, reumatik dan melangsingkan tubuh.

Meskipun peria bergizi tinggi dan  dapat mengobati berbagai macam penyakit, namun bagi wanita hamil, tidak digalakkan mengkonsumsi peria. Pasalnya peria, mengandung senyawa yang dapat menggugurkan kandungan.  Selain itu, batasi juga konsumsi peria pada anak-anak, karena peria dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Dikhuatirkan kadar gula anak akan anjlok atau menurun, padahal gula berperan dalam penting dalam pertumbuhan anak.

2 ulasan:

  1. Assalamulaikum Admin,

    Mohon untuk dimasukkan blog saya ke blok tuan. Blog saya:

    biarlembuyangjadilembu.blogspot.com

    Sekiranya sudah dimasukkan harap maklumkan kat email saya: biarlembuyangjadilembu@gmail.com

    Terima kasih

    BalasPadam
  2. Saya ibu EVA FIORENTINA APRILA  dari palembang mengucap syukur kepada allah,karna melalui bantuan dari aki abdul jamal yg sebesar 20m kini saya sudah bisa menjalankan usaha saya lagi.Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Aki Abdul Jamal dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Aki Abdul Jamal bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di No Wa 085-254-384-488- rasa
    senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya 1 allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Aki untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu EVA FIORENTINA APRILA dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Aki disini PESUGIHAN UANG GAIB TANPA TUMBAL

    BalasPadam